Elvish Honey, Madu Termahal di Dunia

Sahabat Sehat, kamu tentu sudah familiar dengan madu. Madu menjadi salah satu komoditas yang diminati karena rasanya yang manis dan manfaat kesehatannya. Dari berbagai jenis madu yang dijual di dunia, terdapat Elvish Honey yang disebut sebagai madu termahal di dunia.

Mengenal Elvish Honey

Elvish honey berasal dari Turki dan merupakan madu termahal di dunia dengan harga mencapai $6.800 per gram. Jenis madu ini ditemukan pada tahun 2009 oleh peternak lebah Turki, Gunay Gunduz. Madu ini spesial dan sangat sulit untuk didapatkan, pengumpulannya diperoleh dari gua sedalam 1.800 meter di kota Artvin di lembah Saricayir. Elvish honey memiliki warna dan nuansa keemasan, tekstur lembut, dan rasa sangat manis.

elvish honey madu termahal
Foto: Pexels.com

Mengapa Elvish Honey Sangat Mahal?

Elvish honey sangat mahal dikarenakan kemurnian dan kualitas madunya. Elvish honey bebas dari polutan karena diperoleh pada kedalaman tertentu dan udara sekitar ekosistem sangat murni. Pengambilan elvish honey membutuhkan pendaki gunung profesional untuk turun setiap saat untuk memanennya, inilah yang membuatnya menjadi varietas langka dan mahal.

Manfaat Elvish Honey

Selain sulit didapatkan, madu ini juga memiliki daya tarik yang membuat orang-orang ingin mendapatkannya. Elvish honey memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

Pengendali Berat

Madu membantu meningkatkan dan meningkatkan kecepatan metabolisme dengan mengurangi rasio otot terhadap lemak. Campurkan satu sendok makan madu dalam satu cangkir air hangat akan membakar semua lemak.

Elvish honey manfaat
Foto: Pexels.com

Permasalahan Kulit

Tak kalah dari madu jenis lain, Elvish honey juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dalam membuat produk perawatan wajah seperti masker. Madu dapat digunakan untuk mendekontaminasi kulit dari debu, masalah peradangan kulit, jerawat, dan bekas luka.

Memperkuat Sistem Imun

Elvish honey kaya akan sifat antioksidan terutama karena diperoleh dari tempat yang rendah polutan. Jika dikonsumsi setiap hari, madu ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam jangka panjang.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Elvish honey juga memiliki efek positif terhadap penurunan stress dan relaksasi. Madu dapat membantu dalam mengelola masalah neurologis. Antioksidan membantu meminimalisir gangguan memori lebih lanjut. Terkait kemampuan meningkatkan relaksasi, hal ini dikaitkan dengan konsumsi gula alami yang nantinya akan meningkatkan kadar insulin. Disamping itu juga akan ada perubahan triptofan menjadi niasin guna membentuk serotonin sebagai sinapsis. Transmiter inilah yang menghasilkan melatonin yang memungkinkan tubuh beristirahat.

Sahabat Sehat, semoga informasi mengenai madu Elvish ini bermanfaat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Setyaning Pawestri, S.Pi, M.Si

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA, Universitas Mataram. Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Gadjah Mada dan Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Journey Blog by Crimson Themes.