Manfaat Kentang untuk Kecantikan – linisehat.com

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat lain selain nasi. Selain dapat memenuhi kebutuhan energimu, kandungan gizi dalam kentang juga bermanfaat untuk kecantikan. Lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Menghilangkan bekas luka

Kandungan enzim katekolase pada kentang yang dapat menekan produksi melanin berlebih pada kulit. Selain itu juga kandungan vitamin C, potasium, vitamin B6 dan niasin dapat memudarkan bintik hitam atau pigmentasi pada kulit.

masker kentang
Foto: Freepik.com

Cara pengaplikasiannnya yaitu dengan meggosokkan secara perlahan potongan kentang ketebalan sedang pada bagian kulit yang bermasalah. Jika potongan kentang sudah kering, gantilah dengan potongan kentang baru. Sahabat Sehat bisa melakukannya secara berulang selama 20 menit, lalu bilang dengan air dingin.

Mencegah penuaan dini dan menyamarkan kerutan

Kandungan vitamin B1 pada kentang berfungsi sebagai antioksidan, berperan dalam pembentukan kolagen dan juga melindungi kulit wajah dari produksi minyak berlebih. Kentang efektif untuk mengurangi kerutan di wajah dan membantu melembutkan kulit. Selain vitamin B1, kandungan vitamin C, vitamin B6, seng, fosfor dan potasium bermanfaat untuk meremajakan produksi kolagen. Caranya, kentang dibuat jus dan diaplikasikan sebagai masker pada wajah secara teratur.

Menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata

Munculnya lingkaran hitam di bawah mata disebabkan karena banyak hal, salah satunya kurangnya istirahat yang cukup. Kentang bisa digunakan untuk menyamarkan mata panda.

Caranya, kupas dan iris kentang mentah menjadi potongan besar, kemudian taruh di kain atau sapu tangan dan tempelkan pada mata selama 15-20 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat. Selain menggunakan potongan kentang, kamu juga bisa mengoleskan jus kentang di bawah mata menggunakan bola kapas. Nah, supaya hasilnya maksimal lakukanlah ini secara teratur.

manfaat kentang
Foto: Freepik.com

Mencerahkan kulit

Kentang dapat dikatakan sebagai pencerah kulit yang alami. Jus kentang yang dicampurkan lemon dapat mencerahkan kulit secara alami. Selain itu juga kamu dapat membuat masker dari kentang yang diparut lalu dioleskan ke wajah. Setelah 30 menit bilas masker dengan air.

Nah, Sahabat Sehat, itulah manfaat kentang untuk kecantikan. Perlu diperhatikan bahwa penggunaannya belum tentu cocok untuk semua orang. Jadi, bila menemukan reaksi negatif, sebaiknya hentikan penggunaan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Journey Blog by Crimson Themes.