Penyebab Munculnya Benjolan di Daun Telinga Bawah yang Harus Diketahui

Keloid di telinga adalah benjolan padat yang berada di daun telinga karena adanya riwayat luka, biasanya setelah penderita melakukan tindik telinga. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada proses penyembuhan luka yang dialami oleh orang dengan riwayat keturunan keloid.

2. Kista sebasea

Benjolan di telinga ini terbentuk dari sel kulit mati dan penumpukan minyak di kulit telinga. Hal ini diduga karena kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan dan salurannya tersumbat, sehingga memicu pembengkakan.

Gejala utama dari kista sebasea adalah munculnya benjolan kecil di bawah kulit yang tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, pada beberapa kasus, kista yang meradang akan tampak kemerahan dan terasa hangat ketika disentuh.

3. Kista epidermoid

Meski terlihat mirip, asal mula kista epidermoid berbeda dengan kista sebasea. Kista epidermoid terjadi akibat kerusakan folikel rambut atau lapisan kulit paling luar (epidermis), termasuk di area telinga.

Kista epidermoid ditandai dengan benjolan yang tampak memiliki inti di tengah. Terkadang, benjolan ini dapat mengeluarkan cairan kental, kuning, dan berbau. Sementara itu, pada kasus kista yang telah meradang dan infeksi, akan muncul gejala seperti kemerahan, bengkak, dan nyeri di area kista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Journey Blog by Crimson Themes.